Pilunya Pendidikan Di Lombok, Berdinding Daun Kelapa

photo ivan mardiansyah

Di Kecamatan Suela Desa Mekar Sari Sekitar 90 KM dari kota Mataram, terdapat SDN 6 Perigi serta SMPN 4 satu atap Suela. Proses ngajar mengajar di sekolahan ini nampak terlihat sama dengan sekolah-sekolah pada umumnya. Namun hal yang membedakan adalah sarana dan prasarana yang ada di sekolah ini, pada waktu lalu sekolah ini diterjang angin yang besar sehingga menyebabkan ambruknya bangunan sekolah. Untuk terlaksananya proses ngajar mengajar yang baik,  di sekolah tersebut  guru dan siswa-siswi serta warga bahu membahu membuat kelas darurat  berdinding daun kelapa kering, berpintu lubang kotak berukuran 1 x 3 Meter serta terpal sebagai atap kelas guna melindungi siswa-siswi dari teriknya matahari dan hujan. Sejak kejadian ambruk tersebut, Ruang kelas dibagi menjadi dua ruangan. “18 siswa dari kelas VII dan VIII yang memakai ruang kelas tersebut. Untuk kelas IX masih bergantian dengan murid SDN 6 Perigi, Jadi total siswa SMPN 4 ada 39 orang,”. Menelusuri masalah bantuan, usut punya usut hal tersebut tidak mendapati bantuan dari pemerintah, yang ada sumbangsih berasal dari seorang guru yang bernama “Muhammad Sobirin” ( kepala sekolah SMPN 4 ) serta bantuan warga.

sekolah di lombok
Photo: Ivan Mardiansyah

Demi kenyamanan belajar 39 siswanya, beliau berkali kali menyambangi kantor DIKPORA Kabupaten yang berlokasi di Selong, Lombok Timur. Saat itu beliau telah dijanjikann namun hingga kini tidak ada tanggapan dari pihak terkait. Tahun 2014 beliau mengusulkan bantuan, tetapi pada saat itu sekolah lain telah terlebih dahulu direalisasikan. Beliau mengungkapakan “ tahun ini sebenarnya SMPN 4 dijanjikan” namun tidak pernah terealisasi.

Sobirin berharap, baik pemerintah pusat maupun daerah lebih serius menangani pendidikan sembilan tahun. Diakuinya, daerah Suela khususnya mekar sari masih sangat membutuhkan pendidikan. Meskipun sudah cukup terbantu dengan bantuan warga yang ikut membangun ruang kelas sederhana tersebut, ia masih mengharapkan bantuan bangunan dari pemerintah. “Daerah kita ini masih sangat membutuhkan pendidikan,” ujarnya

About Author

client-photo-1
lomboksecretstour

Comments

Tinggalkan Balasan